SELAMAT DATANG DI BLOG Cimenk X-Menk SALAM SEJAHTERA UNTUK ANDA
Google Akun
Email:
Sandi:
Anda lupa sandi?

Jumat, 20 September 2013

Mengenal wilayah administratif Kabupaten Mamuju lebih dalam


Mari mengenal wilayah administratif Kabupaten Mamuju lebih dalam



Kabupaten Mamuju terletak di sebelah barat Pulau Sulawesi, berdasarkan UU RI no.26 Tahun 2004 tanggal 5 Oktober 2004 maka Kabupaten Mamuju bersama 4 Kabupaten lainnya yaitu; Polmas, Majene, Mamasa dan Mamuju Utara. Resmi menjadi sebuah Propinsi Sulawesi Barat dan ibukota Propinsi terletak di Kabupaten Mamuju.

Kabupaten Mamuju merupakan daerah yang terluas di Prop.Sulawesi Barat. Secara geografis Kabupaten Mamuju terletak di posisi : 00 45' sampai 20 55' Lintang Selatan dan 45' sampai 1190 50' Bujur Timur

Kabupaten Mamuju berbatasan dengan :

1. Disebelah Utara : Kabupaten Mamuju Utara

2. Disebelah Timur :Kabupaten Luwu Utara ( Prop.Sulsel)

3. Disebelah Selatan :Kab.Majene,Polmas dan Tator (prop.Sul-sel)

4 Disebelah Barat : Selat Makassar (Prop.Kaltim)

Kabupaten Mamuju memiliki luas 801.406 Ha. Secara administrasi, Pemerintahan Kabupaten Mamuju terbagi atas 15 Kecamatan, 103 Desa, 8 Kelurahan dan 2 UPT (Unit Pemukiman Transmigrasi)

Kabupaten Mamju, merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan dan setelah diadakan pemekaran saat ini berada diwilayah Propinsi Sulawesi Barat, berdasarkan Undang - Undang No. 26 Tahun 2004, bersama dengan Kabupaten Polewali Mandar, Majene, Mamuju Utara dan Kabupaten Mamasa, sekaligus dalam Undang - Undang No. 26 tersebut Kabupaten Mamuju ditetapkan sebagai Ibu kota Provinsi Sulawesi Barat.

Letak Geografisnya berada pada posisi:

0 52'110'' - 20 54'552'' Lintang selatan ;

1154'47'' - 13o 5'35'' Lintang timur dari Jakarta ;

Kabupaten Mamuju dilihat dari Geografisnya, mempunyai wilayah yang potensial meliputi kelautan, daratan dan wilayah pegunungan, sehingga dalam administrasi Pemerintah terdapat dua kecamatan di pegunungan, yaitu Kalumpang dan Bonehau dan Kecamatan Simboro Kepulauan mempunyai wilayah Desa Bala - Balakang yang terletak di selat Makassar, dan 13 Kecamatan di wilayah pesisir pantai

POSTED BAY : CIMENK X MENK

0 komentar:

Posting Komentar