SELAMAT DATANG DI BLOG Cimenk X-Menk SALAM SEJAHTERA UNTUK ANDA
Google Akun
Email:
Sandi:
Anda lupa sandi?

Jumat, 20 September 2013

TRANSPORTASI DI WILAYAH MAMUJU

TRANSPORTASI DI WILAYAH MAMUJU


Perhubungan Darat


Perkembangan angkutan darat untuk penumpang, barang dan hasil pertanian, perkebunan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan di Kabupaten Mamuju yang merupakan jalur Trans Sulawesi keadaannya semakin membaik. Jaringan jalan sepanjang 1.631,62 Km yang terdiri dari : Jalan Negara sepanjang 372 Km, Jalan Propinsi sepanjang 150,6 Km dan Jalan Kabupaten antar kota dalam Propinsi maupun antar kota luar Propinsi setiap saat melintasi daerah ini sepanjang 1.109,09 Km.

Kondisi Jalan di Kabupaten Mamuju terdiri dari jalan Baik sepanjang 476,73 Km, Kondisi sedang sepanjang 474,99 Km dan Rusak sepanjang 310,49 Km. Sarana dan prasarana perhubungan darat seperti mobil angkutan penumpang dan barang cukup mendukung kelancaran arus penumpang dan barang, Sarana tersebut menghubungkan kota-kota di provinsi Sulbar dan Provinsi Sulawesi selatan serta Sulawesi Tengah. Prasarana pendukung berupa Terminal induk juga telah tersedia demikian pula terminal lokal yang terdapat dibeberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mamuju.



Perhubungan Udara

Sektor Perhubungan Udara semakin hari semakin meningkat aktivitasnya, Saat ini Bandara " Tampa Padang " yang terletak di Kec. Kalukku terus di benahi dan ditingkatkan fasilitasnya untuk peningkatan pelayanannya. Volume penerbangan saat ini dilaksanakan 3 kali seminggu melayani rute Makassar-Mamuju-Balikpapan (Kaltim) PP setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu .

Data Tahun 2004 Kunjungan pesawat sebanyak 455 Kali, penumpang naik & Turun sebanyak 5.030 jiwa dan bagasi 26.917 Kg. Bandar Udara ini memiliki fasilitas seperti Run Away sepanjang 1.260 meter, lebar 23 meter, Apron 60 X 40 meter Ruang tunggu penumpang, Kantor dan Lapangan parkir . Saat ini Perusahaan penerbangan yang melayani rute ini adalah DAS (Dirgantara Air Services) yang berkapasitas maksimal 24 penumpang. Bandar udara ini terletak di Kecamatan Kalukku dan berjarak sekitar 35 Km dari Kota Mamuju. Saat ini bandara Tampapadang terus dibenahi dan ditingkatkan fasilitasnya.








Perhubungan Laut



Posisi Kabupaten Mamuju disebut strategis karena berbatasan langsung dengan Selat Makassar yang merupakan lalu lintas pelayaran menuju Pulau Kalimantan, Jawa dan Bali. Sarana perhubungan laut di Kabupaten Mamuju berupa pelabuhan, Seperti Pelabuhan Fery yang terletak di Kecamatan Simboro & kepulauan. Dimana pelabuhan ini melayani angkutan penumpang & barang untuk rute Mamuju-Balikpapan yang dilayani oleh 2 (dua) peruasahaan angkutan . Volume penyeberangannya setiap hari.

Juga terdapat Pelabuhan Samudera Belang-Belang yang terletak di Desa belang-belang kec. Kalukku yang berjarak sekitar 40 Km dari kota Mamuju. Pelabuhan ini pada waktu yang lalu disinggahi oleh Kapal pelni "KM.Awu" yang melayani rute pelayanan Mamuju-Balikpapan-Surabaya, namun saat ini pelabuhan ini banyak di manfaatkan oleh kapal kayu yang rutenya Mamuju-Balikpapan untuk angkutan barang berupa hasil bumi. Selain itu juga terdapat pelabuhan Mamuju yang letaknya di pusat Kota Mamuju, Pelabuhan ini banyak difungsikan oleh nelayan dan sesekali disinggahi kapal perintis antar pulau.

0 komentar:

Posting Komentar